Kamis, 05 Maret 2015

3.SISTEM INFORMASI ESKLUSIF



*.SISTEM INFORMASI EKSKLUSIF

Sistem informasi eksklusif adalah Suatu bagian yang menyediakan informasibagi eksekuif mengnai kinerja keseluruhan perusahaan.yang disingkat denganEIS. Mengirimkan, menganalisis, dan menyajikan informasi pada station kerjapara pengambil keputusan yang memberikan gambaran jelas kepadanyamengenai standar penting serta kejadian-kejadian, sebelum terlambatmenanganinya. Data khususnya gambaran pasar, informasi keuangan, danstatistik industri, dikumpulkan dari sistem pemrosesan bisnis on-line milikperusahaan dan organisasi pihak ketiga.Dalam membangun EIS para eksekutif menggunakan beberapa knsep dasaryang bertujuan memungkinkan para eksekutif dapat memantau seberapabaiknya knerja perusahaan dalam mencapai tujuannya.Faktor-faktor penentu keberhasilan penerapan EIS :

A.Sponsor Eksekutif 
Yang mengerti dan berkomitmen Eksekutif tngkat puncak (CEO) harusberfungsi sebagai sponsor eksekutif EIS agar mampu menorongpenerapan EIS diperusahaan

B.Sponsor Operasi
 Jika sponsor eksekutif terlalu sibuk, maka sebagian tugas dilimpahkankepada eksekutif puncak lain sebagai sponsor operasi yang bekerja samadengan spesialis informasi unuk memastikan pelaksanaan pekerjaaan

C.Staf Jasa Informasi
 Yang Sesuaiharus tersedia spesialis informasi yang tidak hanya mengerti teknologiinformasi, tetapi tahu juga cara eksekutif menggunakan system tersebut.

D.Teknologi Informasi Yang Sesuai
Penggunakan teknologi informasi harus benar-benar sesuai dengankeinginan eksekutif, tidak lebih atau kurang.

E.Manajemen Data
 Tidak hanya untuk menghasilkan informasi, eksekutif juga menginginkansejauh mana kemutakhiran dari data dan informasi yang dihasilkan.

F.Kaitan Yang Jelas Dengan Tujuan Bisnis
Sebagian besar EIS yang dirancang digunakan untuk memecahkanmasalah yang spesifik berkaitan dengan bisnis

G.Manajemen Atas Penolakan Organisasi
 Jika eksekutif menolak menggunakan EIS, perlu dilakukan upaya untukmendapatkan mengidentifikasikan satu masalah yang dihadapi eksekutif tersebut untuk penerapannya.

H.Manajemen Atas Penyebaran Dan Evolusi System
 jika manajer tingkat atas mulai menerima informasi dari EIS, maka
 manajer tingkat bawah menginginkan informasi yang sama, karenamereka ingin mengantisipasi masalah   
dan memecahkannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar